Sabtu, 25 April 2009

Kunyit dan Jahe Baik untuk Ayam Broiler

Kunyit dapat meningkatkan kerja organ pencernaan, merangsang dinding kantong empedu mengeluarkan cairan empedu dan merangsang keluarnya getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease yang berguna untuk meningkatkan pencernaan bahan pakan seperti karbohidrat, lemak, dan protein.


AYAM pedaging adalah jenis ayam yang telah lama mengalami upaya pemuliaan, sehingga merupakan ayam pedaging yang unggul, mempunyai pertumbuhan, bentuk, ukuran dan warna yang seragam. Di Indonesia ayam pedaging dipanen pada umur 5 minggu dengan berat sekitar 1,5-2,0 kg/ekor, tergantung pada manajemen pemeliharaan, kualitas pakan, dan strain ayam.

Tujuan pemeliharaan ayam pedaging adalah memproduksi daging dengan kualitas yang baik, sesuai dengan selera konsumen, yaitu karkas yang baik, dengan lemak rendah. Biasanya dalam memperoleh karkas yang baik ditambahkan bahan yang dapat memacu pertumbuhan, misalnya antibiotics. Bahan ini ada yang berakibat kurang baik bagi manusia yang mengonsumsinya.

Hal ini disebabkan timbulnya efek residu dalam karkas ayam tersebut. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut dicari upaya untuk melakukan rekayasa penambahan natural antibiotics atau biasa disebut fitobiotik., Salah satunya dengan menggunakan campuran kunyit dan jahe dalam pakan ayam pedaging.

Kunyit atau Curcuma domestica termasuk salah satu tanaman rempah yang berasal dari wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Klasifikasi tanaman kunyit berdasarkan penggolongan dan tata nama tumbuhan adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantarum
Divisio : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledone
Ordo : Zingiberaces
Famili : Zingiberaceae
Genus : Curcuma
Spesies : Curcuma domestica

Senyawa yang terkandung dalam tanaman kunyit adalah senyawa kurkuminoid yang memberi warna kuning padan kunyit. Kurkuminoid ini kebanyakan berupa kurkumin yang mempunyai kegunaan sebagai anti oksidan, anti inflamasi, efek pencegah kanker serta menurunkan risiko serangan jantung.

Kunyit termasuk tanaman yang mempunyai banyak kegunaan, terutama bagian rimpangnya banyak dimanfaatkan untuk keperluan ramuan obat tradisional, bahan pewarna tekstil dan makanan serta kerajinan tangan, penyedap masakan, bumbu, rempah-rempah, dan bahan kosmetik. Sebagai tanaman obat rimpang kunyit bermanfaat sebagai obat sakit gatal, kesemutan, gusi bengkak, luka, sesak nafas, sakit perut, bisul, sakit limpa, usus kudis, encok, sakit kuning, memperbaiki pencernaan dan merangsang gerakan usus serta menghilangkan perut kembung (karminativa), anti diare, obat peluruh empedu (kolagoga), koreng (skabida), racun serangga (desinfektan), penenang (sedativa), dan penawar racun (antidota).

Kunyit dalam bentuk tepung dapat digunakan untuk mengoptimalkan kerja organ pencernaan karena kunyit yang termasuk tanaman famili Zingiberaceae yang sering digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan nafsu makan dan mengobati kelainan organ tubuh khususnya pencernaan.

Jika ditambahkan dalam pakan, kunyit diharapkan dapat meningkatkan kerja organ pencernaan, dan akhirnya berpengaruh terhadap kualitas karkas ayam pedaging. Fungsi kunyit dalam meningkatkan kerja organ pencernaan unggas adalah merangsang dinding kantong empedu mengeluarkan cairan empedu dan merangsang keluarnya getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease yang berguna untuk meningkatkan pencernaan bahan pakan seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Disamping itu minyak atsiri yang dikandung kunyit dapat mempercepat pengosongan isi lambung.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

:X
untuk dosis dan aplikasinya gimana??
dicampur pakan apa dicampur di air minum??
jawabannya diunggu ya.......

Anonim mengatakan...

untuk ayam umur 1/9hari apa perlu dikasih kunyit /jahe !
selain kunyit sama jahe apa tdk ada lagi yg lainya ?

delsen mengatakan...

kalo pakai bahan alami,akan bagus buat orang yang mengkonsumsi ayam.

rian mengatakan...

pengen nanya nih..?
kalaw ayam saya mulutnya membuka terus/ menganga,seperti lagi kpanasan. Apakah ayam sya lagi sakit dan gimana cara pengobatannya ??
Tolong kasih jawaban nya ya,saya sngat perlu,maklum baru pemula

Anonim mengatakan...

kalau untuk dosis dulu saya pernah coba 1-3 persen dari ransum total yang diberikan.untuk diberikan atau tidak itu tergantung yang punya ayam, tapi kalau diberikan untuk mengganti bahan bersifat kimia pabrik saya rasa lebih baik, selain kunyit atau jahe bisa juga temulawak atau bawang merah, atau jamu-jamuan yang lain, hanya yang pernah saya teliti itu pakai temu lawak, teman teman saya ada yang memakai jahe ada juga yang bawang putih.

Anonim mengatakan...

ya kalau kepanasan ditempatkan ditempat teduh gan.... he.....

Anonim mengatakan...

air parutan kunyit dan jahe yang sudah diperas dicampurkan ke pakan dalam dosis yang memadai (sesuai jumlah pakan yang akan disajikan). pemberian sebaiknya 3 kali seminggu, sambil terus dievaluasi dan diamati adanya perkembangan pertumbuhan ayam

Anonim mengatakan...

tailuhh lah pler

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes